ALAT KENDALI LAMPU MENGGUNAKAN PONSEL PINTAR BERBASIS IoT

 ALAT KENDALI LAMPU MENGGUNAKAN PONSEL PINTAR BERBASIS IoT




Dosen Pengampu : Dr. Samuel Beta Kuntoardjo.,ING.TECH,M.T.,DR

Kelompok B8

Gilang P. Setiawan   3.32.20.1.12

Pasca Chandra          3.32.20.1.21


Masukan : Aplikasi Blynk pada ponsel pintar

Pemroses : NodeMCU ESP8266

Luaran : Relay dan lampu pijar

LATAR BELAKANG

          Lampu merupakan sumber cahaya yang sangat penting sebagai penerangan di malam hari. Penggunaan lampu di masyarakat sering mengalami pemborosan energi listrik dengan tetap membiarkan lampu menyala. Hal semacam ini merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan. Di sisi lain, proses mematikan dan  menghidupkan lampu secara manual masih dirasa membuang waktu.

        Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah alat kendali lampu berbasis IoT (internet of things) yang diharapkan mampu mempermudah pengguna sehingga  lebih efektif tanpa harus menghidupkan atau mematikan lampu secara manual. Selain itu, alat yang kami buat diharapkan mampu  untuk mengontrol penggunaan lampu tanpa harus melakukan pengecekan ke ruangan yang terpasang lampu secara langsung. Penggunaan IoT pun menjadi solusi agar masyarakat mampu mengontrol lampu menggunakan smartphone yang dinilai lebih efektif.





















#define BLYNK_TEMPLATE_ID "TMPLQu71ytoj"                      //mendeklarasikan id dari blynk     
#define BLYNK_DEVICE_NAME "kendali lampu"           //mendeklarasikan nama device dari template blynk yang digunakan 

#define BLYNK_FIRMWARE_VERSION        "0.1.0"         //mendeklarasikan versi dari blynk yang digunakan 

#define BLYNK_PRINT Serial                          //mendeklarasikan inisialisasi komunikasi serial Blynk
//#define BLYNK_DEBUG

#define APP_DEBUG

//#define USE_SPARKFUN_BLYNK_BOARD
#define USE_NODE_MCU_BOARD                          //mendeklarasikan pemroses yang digunakan 
//#define USE_WITTY_CLOUD_BOARD
//#define USE_WEMOS_D1_MINI

#include "BlynkEdgent.h"

BLYNK_WRITE(V1){                                    //menulis program V1 Blynk
  if (param.asInt()==HIGH){
    digitalWrite(D0,LOW);
}
  else{
    digitalWrite(D0,HIGH);
  }  
}
BLYNK_WRITE(V2){                                    //menulis program V2 Blynk
  if (param.asInt()==HIGH){
    digitalWrite(D1,LOW);
}
  else{
    digitalWrite(D1,HIGH);
  }  
}
BLYNK_WRITE(V3){                                    //menulis program V3 Blynk
  if (param.asInt()==HIGH){
    digitalWrite(D2,LOW);
}
  else{
    digitalWrite(D2,HIGH);
  }  
}
BLYNK_WRITE(V4){                                    //menulis program V4 Blynk
  if (param.asInt()==HIGH){
    digitalWrite(D5,LOW);
}
  else{
    digitalWrite(D5,HIGH);
  }  
}
void setup()
{
  Serial.begin(115200);
  pinMode(D0, OUTPUT);       
  pinMode(D1, OUTPUT); 
  pinMode(D2, OUTPUT);
  pinMode(D5, OUTPUT); 
  BlynkEdgent.begin();                               //memulai fungsi Blynk
}

void loop() {                     
  BlynkEdgent.run();                                 //Menjalankan fungsi Blynk
  
}


Video Proyek 


Komentar